Cara Mengatur dan Mengaktifkan Wifi Android

Cara Mengatur dan Mengaktifkan Wifi Android - Android merupakan salah satu OS yang pengoperasian didalamnya kebanyakan menggunakan sambungan internet. Entah itu berupa aplikasi yang terinstall maupun untuk update software. Cara mengaktifkan wifi boleh dibilnag sangat mudah. Namun untuk dapat tersambung, mungkin ada sedikit pengaturan yang harus diganti agar koneksi antara ponsel dan modem tidak putus-putus. Kenapa demikian? karena jika menggunakan IP secara standart, kemungkinan akan terjadi sebuah crash dikarenakan ada kesamaan IP antar perangkat.
Cara Mengatur dan Mengaktifkan Wifi Android
Cara Mengatur dan Mengaktifkan Wifi Android
Dalam mengatur Wifi ini juga ada beberapa cara dan langkah. Serta dalam mengaktifkannya, banyak fitur yang tersedia dalam menu setting wifi tersebut. Berikut beberapa tutorial yang bisa sobat ikuti :

>> Baca Juga : 7 Tips Dan Trik Dasar Pada Android

# Cara Setting Android Menjadi Hotspot Wifi Tethering
Langkah yang harus sobat tempuh adalah dengan menuju menu Pengaturan / Nirkabel Dan Jaringan / Pengaturan Wifi / Dan Centang Wi-fi. Dengan begitu, sambungan wifi pada ponsel android kita sudah aktif. Dan untuk dijadikan hotspot dan tethering, maka kita perlu melakukan setting yang lain, caranya Pengaturan / Nirkabel dan Jaringan / Tethering dan Portable Hotspot / Kemudian centang pada Hotspot Wi-fi Portable. Untuk menambah pengamanan, sobat bisa juga memberi sandi atau pin dengan menekan menu Konfigurasi hotspot wi-fi portable, Maka disitu akan dimunculkan nama wi-fi, sistem pengamanan serta sandi yang akan digunakan.

Untuk menghindari crash atau benturan Alamat IP, maka sobat bisa menggunakan pengaturan IP statis, agar semua IP terstruktur dan tidak ada lagi yang namanya sambungan putus-putus. Caranya adalah :

# Mengatur Sambungan Wifi dengan Menggunakan IP Statis
Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu Alamat IP dari standart Modem, Disini kami menggunakan speedy. Maka untuk standartnya adalah : 192.168.1.1, jadi selanjutnya tinggal kita mengganti pengaturan yang sudah tersedia. Langkah yang harus dilalui yaitu dengan menuju pada menu Menu / Pengaturan / Nirkabel Dan jaringan / Pengaturan Wifi. Setelah masuk dalam pengaturan, aktifkan Wifi dan secara otomatis ponsel akan melakukan scan dan mencari semua sambungan wifi yang tersedia. Jika sudah ketemu, sambung pada nama wifi punya sobat. Jika sudah tersambung, Tekan menu pilihan dan klik tingkat lanjut kemudia centang Pakai IP Statis dan mengatur semuanya dengan mengisi :
>> Alamat IP : 192.168.1.2
>> Gerbang : 192.168.1.1
>> Masker jaringan : 255.255.255.0
>> DNS 1 : 8.8.8.8
>> DNS 2 : 8.8.4.4
*Tambahan : Ganti angka yang berwarna merah jika perangkat yang terhubung lebih dari 1.

Cara Mengatur dan Mengaktifkan Wifi Android diatas bisa diterapkan pada semua versi android. Seperti Gingerbread, ICS, HoneyComb, Jelly Bean maupun Kitkat. Sekian dulu ya... Tolong dishare juga jika artikel ini membantu. Agar ilmu ini bisa bisa bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih!

Tags :

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *