Cara Memperbaiki Micro SD Tidak Terbaca Dan Read Only

Sobat pasti merasa jengkel jika mengalami hal yang satu ini. Namun jangan khawatir, karena masih ada cara untuk mengatasi dan memperbaiki memori atau micro SD yang tidak terbaca. Pada pengguna ponsel android, hal ini mungkin sudah menjadi masalah yang umum, sehingga tidak dipungkiri jika kadang-kadang SD Card menjadi terproteksi atau istilah umumnya adalah Write Protected. Dan untuk menyelesaikan masalah ini, sobat harus melalui beberapa langkah agar kartu memori kembali menjadi normal, bisa menyimpan dan semua file yang tidak penting bisa dihapus.
Cara Memperbaiki Micro SD Tidak Terbaca Dan Read Only
Cara Memperbaiki Micro SD Tidak Terbaca Dan Read Only
SD Card Write Protected atau Read Only merupakan sistem kemanan yang sudah terbawa dari keluaran pabrik dan juga dari android itu sendiri. Jadi kita harus paham betul dalam mengoperasikan dan jangan sampai salah langkah dalam melepas atau mencabut micro sd dan dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, berikut sudah kami rangkum beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

>> Cara mengatasi Micro SD yang tidak terbaca :
Hal ini kadang disebabkan memori minta diformat dan oleh kotornya elemen tembaga pada socket memori. Jadi langkah yang bisa tempuh adalah dengan mematikan ponsel kemudis lepas micro SD dan dibersihkan dengan penghapus. Kemudian hubungkan ponsel dengan PC dan format karu memori.

>> Cara Mengatasi Micro SD yang Write Protected :
Langkah ini memang sedikit rumit, namun tidak jika penyelesain diatas tidak berhasil, maka sobat bisa mengikuti tutorial dibawah ini. tips yang harus diikuti adalah :

#Android yang belum di root
- Buka SD card dan hubungkan dengan PC dengan menggunakan Car Reader dan adaptor memory. Lakukan pengecekan dengan mengklik kanan pada memory dan tekan chek. Kemudian lepas memori dan ubah pengunci pada adaptor pada posisi ON, tancapkan lagi, tunggu hingga beberapa menit dan lepas dan kembalikan adaptor pada posisi Off. Kemudian hubungkan lagi pada PC dan Format memory. Hal ini biasanya sudah menyelesaikan masalah.
- Jika cara diatas belum berhasil, maka cari Ponsel atau Card reader yang mempunyai versi 3.0, karena pada umumnya versi card reader yang banyak terjual adalah versi 2.0. Ponsel terbaru sekarang sudah menggunakan versi tersebut jadi sobat bisa pinjem dulu dan format micro sd yang sobat punya.

# Android Yang Sudah Di Root
Pada langkah ini sobat harus mengganti pengaturan melalui root explorer. Buka aplikasi tersebut dan cari SD Card. Pada pengaturan umumnya, format yang dibaca adalah R/W untuk file yang bisa diedit dihapus dan lain - lainnya. namun untuk SD card yang write protected, biasanya format yang didapat adalah R/O, langkah yang perlu dilakukan adalah mengganti format tersebut. Dengan menekan menu pilihan pada micro sd tersebut. Kemudian ganti format R/O menjadi R/W, atau malah sebaliknya jika sobat mau mencoba hal baru.

Memang banyak sekali yang mengalami masalah ini, sehingga para blogger juga banyak menulis artikel yang membahas tentang yang satu ini. Kalau tidak percaya, sobat bisa melakukan pencarian di Google dengan kata kunci pencarian "Cara Mengatasi SD Card Yang Read Only", "Cara memperbaiki Micro SD yang Write Protected", "Micro SD tidak bisa diformat", dan masih banyak kata kunci lain yang mungkin sobat sudah ketahui. Kami memberi tahu hal tersebut, mungkin ada cara lain untuk memecahkan dan penyelesaian yang lebih mudah. Sekian dulu tentang Cara Memperbaiki Micro SD Tidak Terbaca Dan Read Only ini, semoga bisa membantu. Jangan lupa untuk di share ke teman-teman yang lain ya... agar lebih bisa bermanfaat! Terima kasih.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *